5 Manfaat Menggabungkan Pembelajaran Daring dan Luring

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, strategi pembelajaran juga turut mengalami perubahan. Dimana saat ini muncul metode belajar baru seperti pembelajaran daring dan luring, atau lebih dikenal dengan istilah blended learning maupun hybrid learning. Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh ketika menggabungkan dua model tersebut. Apa saja ?

Manfaat Menggabungkan Sistem Belajar Daring dan Luring

1. Saling Melengkapi

Baik pembelajaran daring maupun pembelajaran luring tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Oleh sebab itu, melakukan penggabungan antara dua metode belajar tersebut akan membuatnya saling melengkapi. Sehingga siswa dapat memperoleh manfaat keduanya.

Dan apa yang menjadi kelemahan saat belajar offline akan dilengkapi ketika belajar online, dan begitu pula sebaliknya. Sebagai contoh, peserta didik akan sulit melakukan sosialisasi saat belajar online atau luring. Sehingga sosialisasi antar teman sekolah bisa dilakukan ketika pembelajaran dilakukan offline.

2. Menghindari Rasa Bosan

Manfaat lainnya dari menggabungkan pembelajaran daring dan luring yaitu dapat menghindarkan peserta didik dari rasa bosan. Melakukan metode belajar yang sama terus menerus, terlebih dengan desain yang tidak berubah, tentunya akan membuat siswa menjadi jenuh sehingga kehilangan motivasi belajar.

Namun dengan menggabungkan pembelajaran secara daring dengan pembelajaran secara luring, maka dapat membantu mengubah suasana belajar yang membuat siswa terhindar dari rasa bosan. Berbagai metode penyampaian materi melalui berbagai media ini bahkan bisa memicu keterlibatan siswa supaya lebih aktif. Alhasil materi yang diberikan bisa tersampaikan lebih baik.

3. Lebih Mudah Melakukan Tindak Lanjut

Ketika hanya menggunakan model pembelajaran online seperti yang banyak dilakukan saat pandemi akibat wabah covid-19, tindak lanjut terhadap tugas yang diberikan menjadi kurang maksimal. Namun ketika menggunakan gabungan dua metode ini, maka tugas dan materi yang diberikan secara online bisa dilakukan tindak lanjut ketika kelas tatap muka berlangsung.

4. Kolaborasi yang Bagus

Gabungan antara model pembelajaran online dan juga offline atau daring dan luring ini bisa membentuk sebuah kolaborasi yang bagus. Sebab ketika metode pembelajaran campuran ini diterapkan, maka kolaborasi antara orang tua dengan siswa menjadi meningkat. Begitu pula dengan kolaborasi antara guru dengan orang tua maupun guru dan siswa.

5. Menciptakan Pengalaman Belajar yang Unik

Pada model belajar konvensional, hanya ada satu metode saja yang digunakan untuk penyampaian materi kepada para peserta didik. Namun melalui hybrid learning, terdapat dua metode yakni pembelajaran daring dan luring yang dilakukan. Kondisi tersebut membuat jalannya KBM menjadi lebih seru bagi para murid, sehingga dapat memberikan pengalaman yang unik.

Itulah berbagai manfaat dari metode pembelajaran campuran antara daring dan luring. Bahkan siswa dapat memperoleh manfaat yang diberikan dari masing masing metode secara efektif dan efisien. Jadi, bagi orang tua yang ingin mendaftarkan putra putri untuk mengenyam pendidikan seperti ini, maka Sekolah Murid Merdeka dengan model blended learning bisa dijadikan sebagai pilihan.

berita