KEMUDAHAN BUMN DALAM PENGADAAN BARANG JASA PEMERINTAH

KEMUDAHAN BUMN DALAM PENGADAAN BARANG JASA PEMERINTAH

PaDi UMKM merupakan salah satu platform digital yang hadir pada tahun 2020 ini. Pada tanggal 17 Agustus 2020 kemarin, PaDi UMKM diperkenalkan kepada publik. Proses lahirnya PaDi juga cukup panjang karena melibatkan Kementerian BUMN, Kementerian UMKM dan juga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.

PaDi sendiri berdiri berkat kebijakan pemerintahan saat ini yang mendukung penguatan terhadap aktivitas UMKM. UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dianggap sebagai sektor lini penting dalam roda ekonomi di Indonesia. Selain itu, BUMN juga dianggap sebagai tonggak ekonomi di Indonesia.

Oleh karena itu, PaDi dibentuk untuk mempertemukan BUMN dengan UMKM. Segala kebutuhan BUMN dalam hal pengadaan barang dan jasa nantinya akan dilakukan melalui Pasar Digital ini.

Dengan adanya PaDi UMKM ini juga nantinya kegiatan transaksi BUMN bisa dimonitoring. Mungkin selama ini ada beberapa BUMN yang over dalam belanja barang dan jasa tetapi dengan hasil yang tidak memuaskan. Maka, melalui PaDi semuanya bisa dilihat secara transparan.

Apalagi proses pembayaran juga dilakukan secara cashless, sehingga terekam dengan jelas nantinya proses dan informasi pembayaran tersebut.

Banyak sekali keuntungan yang diberikan BUMN dengan hadirnya PaDi UMKM. Berikut adalah keuntungan yang diperoleh oleh BUMN:

  1. Penggunaan biaya pembelanjaan dari masing-masing BUMN menjadi lebih terperinci dan lebih aman karena seluruh proses transaksi dilakukan secara online dan seluruh pembiayaan dilakukan dengan non-tunai.
  2. PaDi UMKM juga memudahkan dan mempercepat proses transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN karena tidak perlu dilakukan dengan cara bertatap muka.

Bagi perusahaan BUMN yang belum bergabung dengan PaDi UMKM, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan registrasi akun di PaDi UMKM. Akun ini nantinya akan berguna bagi transaksi belanja barang dan jasa BUMN Anda di PaDi UMKM.

  1. Nama BUMN
  2. Nama Buyer Group, Contoh: “Divisi SCM”
  3. Alamat Lengkap
  4. Nama Manager & Staff
  5. Email Manager & Staff
  6. NIK Manager & Staff
  7. Posisi/Jabatan Manager & Staff
  8. Nomor Handphone dan Nomor Kantor Manager & Staff

Lalu mungkin Anda juga perlu mengetahui tentang cara melakukan transaksi di PaDi UMKM. Berikut cara-cara atau langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Pembelian dapat dilakukan oleh BUMN manapun setelah mereka sudah memiliki akun di PaDi UMKM
  2. Setiap BUMN yang akan melakukan transaksi harus memiliki Akun Manager dan Akun Staff di PaDi UMKM B2B. Akun Staff digunakan oleh PIC untuk menemukan barang yang dibutukan di PaDi UMKM. Sedangkan Akun Manager digunakan untuk melakukan penyetujuan atau penolakan terhadap pesanan yang dilakukan oleh Akun Staff.
  3. Jika Akun Manager telah menyetujui orderan yang dilakukan oleh Akun Staff, maka pesanan secara otomatis dilanjutkan kepada penjual yang notabene adalah UMKM. Jika Akun Manager menolak untuk melakukan orderan, maka orderan dibatalkan. Selain itu, Akun Manager juga bisa merevisi orderan yang sudah dilakukan oleh Akun Staff.
  4. Pembayaran di PaDi UMKM bisa dilakukan dengan metode TOP (Term of Payment) atau pembayaran tempo.
  5. Logistik saat ini masih dilakukan melalui JNE dan juga kurir pribadi

Mari tingkatkan belanja barang dan jasa BUMN Anda di PaDi UMKM sekarang juga!

tips dan trik